Tips Membersihkan Karpet

3 Tips Paling Ampuh Membersihkan Karpet dari Berbagai Macam Kotoran

Harga karpet biasanya akan dibanderol tergantung dari jenis bahan dan motifnya. Anda pasti tidak ingin jika karpet mahal yang dimiliki kotor hingga terlihat sangat buruk. Salah satu cara agar karpet selalu bersih dan nyaman untuk digunakan yaitu dengan cara membersihkannya dengan tepat. Meskipun hal ini tampak sepele, namun jika dibiarkan maka Anda akan mengalami kerugian.

Nah, bagi Anda yang bingung tentang bagaimana membersihkan karpet dengan tepat dan benar maka simaklah tips-tipsnya di bawah ini!

Tips Membersihkan Karpet dari Berbagai Macam Kotoran

Dengan adanya karpet didalam rumah tentu akan semakin memperindah ruangan tapi apa jadinya bila karpet terseput banyak terdapat noda tentu akan membuat keindahan yang ada menjadi hilang. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips bagaimana cara membersihkan karpet yang terkena noda tersebut. Yu mari disimak baik-baik informasinya yaa.

1. Bersihkan Menggunakan Sapu untuk Menghilangkan Kotoran yang Terlihat

source via: grandome.com

Karpet terbuat dari lapisan serat yang begitu padat. Teksturnya yang berbulu membuat kotoran sering menempel dan sulit untuk dibersihkan. Dalam beberapa kondisi, seseorang pasti dengan tidak sengaja menyisakan bekas makanan atau berbagai sampah kecil yang akhirnya jatuh mengenai karpet. Sisa makanan ataupun kotoran yang menempel pada karpet terutama karpet kantor, jika dibiarkan akan menimbulkan banyak penyakit akibat bakteri dan kuman yang menempel. Seperti yang kita tahu, karpet untuk kantor biasanya merupakan jenis karpet tile yang memiliki serat begitu halus sehingga kotoran yang menempel akan merekat dengan kuat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda harus membersihkan karpet menggunakan sapu secara berkala. Bila perlu lakukan cara ini setiap hari agar memastikan karpet bersih dan terhindar dari berbagai kotoran yang menempel. Dalam membersihkannya, lakukan secara perlahan dan jangan ditekan. Selain itu, gunakanlah jenis sapu yang halus sehingga tidak merusak tekstur karpet.

2. Cuci Karpet Menggunakan Sikat dan Sabun untuk Noda Basah yang Menempel

Harga karpet yang dijual dipasaran biasanya dibanderol dengan cukup terjangkau, namun tak jarang banyak juga yang menjualnya dengan harga tinggi tergantung dari jenis dan desainnya. Setelah membeli karpet, Anda tentu sangat ingin jika karpet bisa bertahan lama dan tidak menurun kualitasnya. Namun untuk menjaga karpet tetap bersih ternyata tidak semudah yang dibayangkan, seringkali tanpa sengaja pasti karpet akan terkena berbagai noda basah yang membuat kualitasnya begitu buruk. Berbeda dari kotoran-kotoran kering seperti debu, noda basah ini jika dibiarkan akan semakin menempel pada karpet dan bersifat permanen.

Pada karpet kantor misalnya, pasti banyak karyawan yang secara tidak sengaja menumpahkan minuman seperti kopi ataupun teh. Cairan dari kopi dan teh tersebut akhirnya meninggalkan noda basah yang membuat karpet terlihat begitu buruk. Untuk mengatasi masalah ini, bersihkanlah segera karpet dengan cara mencucinya menggunakan sikat dan juga sabun. Meskipun cara ini sedikit lebih sulit, Anda tetap harus melakukannya karena noda basah yang menempel hanya bisa dihilangkan dengan cara dicuci menggunakan sabun.

Adapun sikat yang digunakan pastikan memiliki bahan yang lembut sehingga tidak merusak tekstur karpet. Jangan lupa, dalam memilih sabun pun tidak boleh sembarangan. Usahakan menggunakan sabun khusus yang memang di peruntunkan untuk karpet atau jenis sabun yang ramah lingkungan. Setelah selesai, jemur karpet di bawah terik sinar matahari langsung agar nantinya tidak apek.

3. Gunakan Penyedot Debu untuk Mengilangkan Kotoran Secara Keseluruhan

Penyedot debu merupakan alat khusus yang memang di peruntunkan untuk menghilangkan debu yang menempel pada karpet secara keseluruhan. Salah satu tips paling ampuh untuk menjaga kebersihan karpet yaitu dengan cara membersihkannya menggunakan mesin penyedot debu secara rutin. Anda pun bisa melakukannya setiap hari atau dalam jangka waktu dua hari sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *