Mengubah Atap Menjadi Gudang

Punya Ide Mengubah Atap Menjadi Gudang? Jangan Ngasal, Ikuti Tipsnya Berikut Ini!

Gudang menjadi salah satu ruangan penting yang harus dimiliki di setiap rumah. Nah bagi anda yang memiliki rumah dengan space terbatas dan tertarik untuk menjadikan atap sebagai gudang, sebaiknya anda jangan terburu-buru.

Sebab ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan agar tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan gudang tersebut sehingga nantinya bisa digunakan dengan maksimal. Ingin tau apa sajakah kira-kira hal-hal tersebut? Yuk simak langsung ulasan tips-nya pada bagian di bawah ini!

Tips Membuat Gudang Di Atap Rumah

Tips Membuat Gudang Di Atap Rumah

Bagi anda yang memiliki rumah minimalis, rasanya hampir tak mungkin jika anda menggunakan bagian belakang rumah sebagai gudang. Oleh karena itu, atap menjadi satu bagian rumah yang solutif untuk diubah menjadi gudang.

Nah agar gudang atap tersebut bisa berfungsi dengan baik¸ dalam proses pembuatannya anda dapat memperhatikan sekaligus mengikuti tips berikut ini.

1. Gunakan plafon yang terbuat dari papan kayu

Dalam atap yang dijadikan sebagai gudang, plafon tak hanya berfungsi sebagai pembatas antara bagian atas dengan bawah ruangan rumah. Namun plafon juga berfungi sebagai elemen penguat tempat disimpannya berbagai macam barang yang akan disimpan di gudang.

Nah oleh karena itu sebaiknya anda menggunakan plafon yang terbuat dari bahan material kayu yang kuat, anti-rayap, dan awet yang dilengkapi rangka besi hollow atau kayu.

2. Perhatikan jenis barang yang akan disimpan

Pada dasarnya setiap barang yang berbeda memiliki karakteristik tempat penyimpanan yang berbeda pula. Untuk barang-barang yang akan disimpan di gudang atap, sebaiknya bukanlah barang yang ukurannya besar dan bobotnya sangat berat.

Selain itu, jika anda yang ingin menyimpan benda cair, anda sebaiknya melapisi atap dengan membrane waterproofing untuk mencegah terjadinya kebocoran pada ruangan yang ada di bawah atap.

Sementara bagi anda yang ingin menjadikan gudang sebagai tempat penyimpanan baju dan sepatu, sebaiknya anda membuat lemari custom agar benda-benda tersebut tidak ditumbuhi jamur

3. Perhatikan desain gudang

Rancanglah gudang dalam desain yang sederhana dan tanpa sekat. Buatlah desain yang membuat gudang menjadi mudah dibersihkan. Mengenai ketinggian, sebaiknya berukuran minimal 2,4 m, terhitung dari bagian bawah rangka atap hingga atas plafon.

Selain itu jangan lupa untuk membuat ventilasi dan jendela skylight untuk mengatur pencahayaan dan udara dalam gudang. Pasanglah keduanya menghadap arah utara-selatan agar gudang tidak terkena radiasi yang berlebihan dari arah barat.

4. Buatlah tangga yang kuat

Keberadaan tangga sangat penting sebagai jalan menuju gudang. Oleh karena itu bangunlah tangga yang kuat. Mengenai modelnya, anda bisa memilih model tangga bentuk U, L, atau melingkar.

Soal ukuran, anda bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi luas ruangan pada rumah anda.

Nah itu dia 4 tips yang perlu anda perhatikan jika ingin membuat gudang di bawah atap rumah. Semoga setelah membaca informasi di atas, anda bisa mengikuti tipsnya dengan baik. Untuk mengaplikasikan tips nomor 2, anda bisa mendapatkan membran bakar waterproofing di toko material terdekat. Selamat mencari dan membangun gudang impian anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *