Pilah Pilih Cat Tembok? Perhatikan 5 Hal Berikut

Tips Memilih Cat Tembok yang Tepat untuk Rumah Anda

Cat tembok tersedia dalam berbagai warna sehingga Anda bisa memilih warna apa yang dapat mempercantik rumah kesayangan Anda. Dalam memilih cat, kita tidak boleh sembarangan karena terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan terlebih dahulu. Terlebih dengan kandungan bahan kimia yang mungkin berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih cat tembok rumah:

1. Gunakan cat sesuai lokasi pengecatan

Sebelum memilih cat, Anda harus melihat lokasi pengecatan terlebih dulu, apakah bagian indoor atau outdoor yang akan dicat. Kedua lokasi tersebut memiliki karakteristik cat terbaik yang berbeda. Apabila Anda ingin mengecat bagian luar rumah, maka Anda disarankan memilih cat yang tahan terhadap air hujan, sinar matahari, perbedaan suhu sehingga warna dan kualitas cat tetap terjaga.

Berbeda lagi jika Anda ingin melakukan pengecatan di dalam ruangan, maka kualitas cat harus lebih Anda perhatikan agar tidak membahayakan kesehatan. Selain itu, pastikan jika warna cat tidak mudah rusak untuk meminimalkan perawatan, seperti pada cat tembok kamar.

 

2. Pilih cat yang aman untuk kesehatan

Kesehatan adalah hal utama yang harus kita jaga, terlebih untuk keluarga tercinta. Seperti yang disebutkan bahwa, cat mengandung bahan kimia yang bisa saja menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Untuk mencegahnya, kita harus memilih cat tembok yang aman untuk kesehatan. Sekarang ini, dengan berbagai inovasi dalam industri ini membuat banyak produk cat yang aman.

Pilihlah cat yang tidak mengandung bahan kimia, terutama merkuri dan timah hitam. Cat ramah lingkungan akan menjaga keluarga Anda dari masalah kesehatan akibat penggunaan cat yang salah.

 

3. Pastikan cat memiliki lapisan anti jamur

Jamur menjadi masalah yang sering timbul karena kondisi lembab setelah hujan. Tidak heran jika beberapa dinding akan muncul jamur yang tentunya dapat merusak kualitas dinding Anda. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih cat tembok rumah dengan kandungan lapisan anti jamur. Dengan demikian, meskipun kondisi lembab, maka tidak akan muncul jamur di dinding rumah.

Terlebih dengan cuaca tropis di mana sering terjadi hujan dan menyebabkan suhu dalam rumah menjadi lembab. Adanya jamur tidak hanya mengurangi kecantikan dinding, tapi dapat berpengaruh terhadap kesehatan orang-orang di dalam rumah.

 

4. Kotoran pada dinding yang menempel mudah dibersihkan

Dinding sangat rawan terkena noda, terlebih jika dalam rumah terdapat anak kecil di mana mereka sering mencorat-coret tembok. Untuk itu, kita harus bisa memilih cat dinding yang tahan terhadap noda dan juga mudah dibersihkan dari noda-noda tersebut.

Selain itu, Anda harus memastikan, ketika Anda membersihkan noda, warna cat tidak ikut pudar. Apabila hal ini terjadi, warna dinding akan terlihat kusam dan tidak menarik. Pastikan jika warna noda tidak ikut pudar jika noda dihapus.

 

5. Sesuaikan warna cat dengan tampilan rumah yang diinginkan

Banyak warna cat yang bisa kita temukan di pasaran sehingga kita bisa memilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Setiap warna memberikan kesan tersendiri dalam ruangan. Misalnya saja, untuk kamar yang tenang, maka Anda bisa memilih cat tembok kamar berwarna biru laut. Berbeda lagi jika Anda ingin mendapatkan kesan mewah dan klasik, maka warna gold sangat disarankan.

Rumah akan menjadi lebih cantik dan memberikan kenyamanan jika kita bisa memilih cat tembok dengan tepat. Semoga tips di atas bisa membantu Anda untuk mendapatkan hunian seperti yang diimpikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *