Pemanfaatan Roller Blind Otomatis dalam Bangunan Modern

Di era modern, hampir semua lini kehidupan mengalami perubahan. Termasuk dalam hal dekorasi ruangan. Teknologi pun sering kali dilibatkan. Misalnya gerbang pagar atau garasi yang dapat dibuka dan ditutup otomatis. Kamera CCTV yang dapat dipantau dimana saja melalui ponsel, lampu yang dapat menyala dengan tepukan, dan lain sebagainya.

Bahkan, gorden jendela yang merupakan dekorasi interior ruangan, juga mengalami modernisasi. Pada bangunan-bangunan modern, keberadaan gorden mulai banyak digantikan dengan blind. Hal ini dikarenakan gorden konvensional umumnya memerlukan perawatan rutin yang agak merepotkan. Karena gorden konvensional sangat mudah menumpuk debu. Apabila tidak segera dibersihkan, maka akan menumpuk debu. Sehingga dapat memberikan resiko kesehatan.

Material Roller Blind

Dari ketiga jenis blind yang umum dikenal, roller blind merupakan jenis tirai atau gorden jendela modern yang sering menjadi pilihan. Roller blind adalah jenis kerai yang paling sering digunakan. Roller blind sendiri ada berbagai jenis material.

Mulai dari kain dim out, yakni jenis kain yang seratnya tidak terlalu rapat sehingga masih memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan dalam jumlah terbatas. Namun demikian, kain kerai jenis ini masih mampu memberikan penghuni ruangan privasi yang dibutuhkan pada malam hari.

Kain kerai roller blind yang paling rapat adalah jenis black out, yang mana jenis kerai ini akan sepenuhnya menutup jalan sinar matahari pada saat ditutup. Sehingga penghuni rumah tidak hanya mendapatkan privasi penuh, tapi juga dapat membuat ruangan tetap sejuk, serta memperoleh kamar yang gelap bahkan pada siang hari.

Jenis-jenis kain kerai ini, memiliki material yang ringan. Selain itu juga memiliki beragam warna dan corak. Sehingga dapat dipilih oleh pemilik bangunan modern.

Pengoperasian Roller Blind

Bukan hanya jenis materilanya saja, pengoperasian roller blind juga beragam dan dapat dipilih sesuai kehendak.

1. Chain Standar

Pengoperasian ini mengharuskan roller blind dibuka tutup secara manual dengan menarik tali rantai dengan tangan, hingga roller blind terbuka dan tertutup sesuai keinginan.

2. One Touch

Berbeda dengan chain standar yang meletakkan tali sistem buka tutup di tepi roller blind, sistem one touch menggunakan rantai berbandul sebagai pemberat di tengah bawah blinds. Dengan satu kali tarikan, maka krey akan otomatis menggulung naik.

3. Motorized System

Merupakan jenis pengoperasian blinds yang paling modern dengan menggunakan tombol atau dengan remote. Sistem motorisasi ini sangat praktis dan memudahkan. Karena cukup dengan menekan satu tombol, maka blinds dapat terbuka dengan sendirinya.

Baca juga: Ingin Menjadi Youtuber? Yuk, Siapkan Studiomu Sendiri

Tombol motorisasi umumnya terpasang di tepi kerai roller blind. Sementara penggunaan dengan remote lebih praktis lagi, karena memungkinkan Anda untuk menutup gorden jendela modern ini dari kejauhan.

Teknologi lainnya yang diterapkan pada roller blind adalah sistem sensor. Yang mana roller blind dipasangi sensor yang berkaitan dengan temperatur dan kondisi cahaya ruangan. Sehingga roller blind dapat membuka dan menutup sendiri secara otomatis sesuai dengan keadaan temperatur dan kondisi cahaya.

Keunggulan Lain Roller Blind

Selain harga roller blind murah, kerai ini juga memiliki beragam keunggulan lainnya sehingga banyak dipilih pada bangunan modern. Salah satunya yang sudah jelas, tentu saja tampilannya yang lebih minimalis dan modern, sesuai gaya interior masa kini.  Roller blind juga mampu mengatur temperatur sehingga mampu menghemat AC, dan ruangan lebih eco friendly.

Selain itu, penggunaan roller blind juga membuat penghuni rumah dapat menyaring dan memanfaatkan sinar matahari yang bermanfaat. Namun masih bisa menghindari sinar matahari yang membahayakan. Roller blind juga membuat furnitur lebih terlindungi sehingga warnanya bisa dipertahankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *