Lispang Gypsum di Rumah

Lispang Gypsum di Rumah Anda Patah? Ini Cara Mengatasinya!

Lispang gypsum adalah partisi dinding yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Lispang gypsum ini banyak digunakan karena memiliki harga yang relatif lebih murah dan memiliki kualitas yang lumayan baik sehingga cocok digunakan untuk berbagai jenis model rumah. Namun, meskipun demikian lispang gypsum juga dapat mengalami kerusakan diantaranya deperti retak dan bolong.

Penyebab Partisi Dinding Gypsum Rusak

Ada beberapa penyebab retaknya partisi dinding gypsum di rumah anda, yang menjadikan rumah tampak tidak enak dipandang mata.

1. Kualitas Lispang Gypsum

Penyebab utama dari rusaknya gypsum adalah karena kualitas gypsum yang tidak bak. Lispang yang memiliki kualitas yang kurang baik akan menyebabkan lispang mudah patah.  Lispang gypsum memiliki sifat yang dapat memuai serta menyusut jadi jika kualitas material tidak baik akan memudahkan lispang patah. Oleh sebab itu, untuk menghindari lispang gypsum patah teliti dahulu sebelum membeli lispang.

2. Teknik Menyambung Lispang yang Salah

Teknik menyambung lispang gypsum yang salah akan menyebabkan mudah retaknya partisi dinding. Lispang gypsum biasanya hanya memiliki panjang dan lebar yang tidak memebuhi ruangan hingga diharuskan melakukan sambungan. Jika sambungan lispang tidak dilakukan dengan benar maka akibatkanya adalah keretakan bahkan patahnya lispang karena proses memuai dan mengusut yang tidak berjalan dengan baik.

3. Pekerja yang Kurang Profesional

Biasanya para pekerja yang tidak profesional akan melakukan pekerjaannya dengan cara yang mudah agar lebih cepat selesai. Namun, hal itu bisanya akan membuat pekerjaan tidak berjalan dengan lancar. Seperti saat pemasangan pita kertas untuk melakukan penyambungan namun pekerja malah menggunakan pita kain untuk menyambung. Hal ini akan membuat pekerjaan lebih cepet selesai namun pekerjaan yang dihasilkan tidak sesuai harapan.

4. Pemasangan yang Terlalu Rapat

Salah satu penyebab retak atau bahkan patahnya lispang adalah pemasangan yang terlalu rapat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa lispang gypsum memiliki sifat yang dapat memuai serta menyusut. Oleh sebab itu, jika seseorang memasang lispang gypsum terlalu rapat maka lispang akan mengalami retak atau patah.

5. Adanya Tekanan Grafitasi

Lispang gypsum tidak memiliki kekuatan untuk menangkal tenakan grafitasi. Hingga jika ada tekanan grafitasi atau pergeseran permukaan tanah akan membuat lispang gypsum patah.

Itu dia beberapa penyebab dapat patahnya lispang gypsum. Namun, ada cara yang dapat kamu lakukan untuk mengakali lispang gypsum di rumah anda yang patah.

Cara Mengatasi Lispang Gypsum yang Patah

Lispang gypsum di rumah anda yang patah dapat disiasati dengan hal – hal sebagai berikut.

a)    Perhatikan Tipe Retakan

Tahap pertama dalam mensiasati lispang gypsum yang retak atau patah adalah dengan memperhatikan lispang di rumah anda. Tipe retakan pada lispang gypsum yaitu retakan yang terjadi pada komponen eksiting dan juga retakan yang terjadi pada taxtile tape atau raksa.

b)    Rekatkan Lispang Gypsum yang Patah

Setelah anda selesai mengamati jenis retakan yang terjadi langkah selanjutnya adalah dengan kembali merekatkan gypsum yang retak atau patah menggunakan lem khusus. Cara merekatkan kembali lispang sangat mudah, anda tinggal membersihkan bekas retakan menggunakan cutter lalu isi perekat di sela – sela retakan.

c)    Tekan Hasil Pengisian Perekat

Tahap selanjutnya setelah selesai melakukan pengisian perekat pada lispang, anda tinggal menekan bagian yang sudah terisi perekat agar terlihat rapih.

d)    Tunggu Selama 24 Jam

Setelah semuanya selesai anda dapat menunggu selama 24 jam untuk memastikan perekat kering. Jika sudah kering anda bisa melakukan amplas dibagian yang sudah diperbaiki agar terlihat halus dan rapih.

e)    Lakukan Pengecetan

Tahap terakhir dalam mengatasi partisi dinding adalah dengan melakukan pengecatan. Jika lispang sudah selesai dilakukan pengamplasan maka selanjutnya adalah dengan melakukan pengecatan sesuai wana sebelumnya agar terlihat bagus seperti semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *