Pengecekan Rutin Aliran Listrik di Gedung

Lakukan Hal Ini untuk Pengecekan Rutin Aliran Listrik di Gedung Anda!

Bagi Anda yang sering berkunjung ke gedung-gedung besar seperti hotel bintang lima, pasti menggunakan aliran listrik yang besar untuk menjalankan pelayanan dan sarana prasarana yang tersedia dalam hotel. Tanpa adanya aliran listrik yang baik dan cukup, mustahil bagi Anda untuk bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di dalam gedung atau hotel tersebut bukan? Maka dari itu, agar aliran listrik yang terdapat dalam gedung bisa terdistribusi secara rata dan baik, tentunya harus dilakukan pemeliharaan dan perawatan secara rutin. Salah satu contoh bentuk pemeliharaan aliran listrik dalam gedung yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan rutin terkait instalasi listrik yang terdapat dalam gedung. Pengecekan ini merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Ketika Anda melakukan pengecekan pun, Anda tidak boleh sembarangan dan gegabah saat melakukannya. Jika iya, maka akan terjadi korsleting yang bisa membahayakan nyawa Anda dan menyebabkan kebakaran. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan pengecekan instalasi listrik sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) pemeliharaan gedung. Namun, bila Anda tidak cukup mumpuni melakukan pengecekan aliran listrik dalam gedung tersebut seorang diri, Anda bisa meminta bantuan kontraktor listrik yang jauh lebih berpengalaman di bidang kelistrikan ketimbang Anda.

Mengecek Listrik Gedung Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Pemeliharaan Gedung

Mengecek Listrik Gedung

Melakukan pemeliharaan gedung secara rutin merupakan suatu kewajiban agar gedung yang disinggahi terasa nyaman dan aman. Selain agar nyaman dan aman, pemeliharaan ini juga bertujuan untuk memulihkan fungsi bangunan gedung sebagaimana yang telah direncanakan di awal pembangunan.

Menurut SOP, pemeliharaan gedung dapat dikategorikan menjadi 4 aspek, yaitu meliputi perbaikan bangunan, penggantian bagian bangunan, melengkapi bagian bangunan, dan melakukan pemeliharaan bangunan secara rutin. Nah, untuk pemeliharaan rutin ini sendiri bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu, misalnya dengan melakukan pengecekan pemeliharaan listrik gedung setiap dua minggu sekali. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kondisi gedung sesuai dengan keinginan Anda atau keinginan pemiliknya. Perlu diketahui, agar Anda terhindar dari hal-hal yang membahayakan, sebaiknya Anda meminta bantuan tenaga ahli seperti kontraktor mekanikal elektrikal untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi pada instalasi listrik gedung Anda. Selain itu, ketika Anda menggunakan jasa tenaga ahli ini untuk melakukan pengecekan listrik, sebaiknya perhatikan pula kinerjanya, apakah sudah sesuai dengan SOP atau belum? Kemudian apakah hal-hal yang dicek sudah sesuai dengan pemeliharaan kelistrikan gedung yang mencakup aliran listrik pada AC, sistem pencegah kebakaran, elevator, suplai listrik, sistem penerangan, dan lain sebagainya.

Cara Mengecek Aliran Listrik di Gedung

Mengecek Aliran Listrik di Gedung

Mengecek aliran listrik di dalam gedung secara rutin akan berdampak pada kenyamanan serta keamanan Anda. Dengan melakukan pengecekan ini, secara tidak disadari Anda juga telah ikut meminimalisir kemungkinan terjadinya serangan arus listrik atau yang biasa disebut dengan korsleting pada gedung Anda. Hal-hal yang bisa Anda lakukan ketika ingin melakukan pengecekan listrik ini terbilang cukup mudah, meskipun Anda harus tetap diawasi oleh tenaga ahli seperti kontraktor hvac. Pertama, pastikan instalasi listrik di gedung Anda sudah terpasang dengan baik. Apakah kekuatan daya listrik yang Anda butuhkan sudah sesuai atau belum? Kemudian apakah instalasi listrik Anda sudah dilengkapi dengan MCB atau kotak pengaman korsleting arus listrik? Tak cukup itu, Anda juga harus melengkapinya dengan ELCB atau alat pengaman anti kontak yang berguna untuk memutus aliran listrik ke bumi bila terjadi kebocoran arus listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *