Jenis Lantai Kayu Parket untuk Rumah Minimalis Makin Manis

Lantai Kayu Parket, Interior Kekinian Zaman Sekarang

Lantai kayu parket sekarang ini bukan menjadi hal yang langka ditemukan di dalam hunian. Hal ini disebabkan karena banyaknya desainer interior yang mempergunakannya sebagai pelengkap tampilan. Tak hanya desainnya yang indah, lantai dari kayu juga akan memberikan kesan sejuk serta alami. Namun, hal yang harus diketahui adalah flooring kayu tak hanya dapat digunakan untuk area indoor, namun dapat digunakan untuk area outdoor.

 

Tips Memilih Lantai Parquet dan Jenisnya untuk Rumah Minimalis

Jangan salah, lantai parket tak hanya cocok untuk rumah yang luas, lantai ini juga bisa digunakan untuk rumah yang mengusung kesan minimalis. Bila Anda memiliki rencana menggunakan lantai parket untuk area indoor atau pun outdoor rumah Anda, berikut beberapa tips memilih lantai parket, antara lain:

 

1. Perhatikan kualitas kayu

Kayu jati sering dianggap sebagai kayu berkualitas paling baik untuk konstruksi bangunan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena kayu ini memiliki kesan keras serat urat yang menawan, dengan kualitas yang dimilikinya, tidak heran bila kayu ini memiliki harga lebih mahal dibanding dengan jenis lain. Anda juga bisa menggunakan kayu jati sebagai bahan lantai parket. Pilih yang memiliki corak besar sehingga rumah terkesan luas.

 

2. Tidak semua parket tepat untuk seluruh area outdoor

Banyak orang yang memilih menggunakan parket sebagai lantai outdoor seperti di bagian beranda atau teras rumah. Adanya lantai ini akan memberi suasana yang asri, nyaman dan natural. Sayangnya, karena rawan cuaca serta kelembaban, tak semua jenis kayu tepat untuk area ini, ketika memasang kayu untuk bagian luar rumah, Anda bisa mengonsultasikannya terlebih dulu dengan si penjual, Anda bisa mengatakan bila kayu ini nantinya akan ditempatkan di area luar ruangan, sehingga Anda memperoleh arahan mana jenis parket yang tepat.

 

3. Pilih kayu laminated

Jenis lantai kayu bukan hanya kayu solid, namun ada pula laminated, keistimewaan yang dimiliki jenis ini adalah harganya yang lebih murah, selain itu lantai ini juga cocok untuk rumah minimalis. Kebanyakan orang lebih memilih kayu laminated karena harga murah dan kepraktisan yang dimilikinya.

 

4. Konsultasikan cara melakukan pemasangan

Cara pemasangan lantai ini begitu unik, bukan seperti marmer atau keramik. Pemasangan lantai ini mirip dengan puzzle, sehingga disusun di lantai kemudian direkatkan menggunakan lem. Bila cara pemasangan lantai benar, lantai tidak akan mudah mengelupas, sehingga agar memperoleh hasil terbaik, pastikan mengonsultasikan terlebih dahulu cara pemasangannya.

 

Tips Merawat Lantai Kayu Parket

Meskipun memiliki tingkat kekuatan yang tinggi, bila perawatan tidak dilakukan dengan baik, tetap saja lantai tidak akan bertahan lama, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melakukan perawatan, antara lain:

  • Menyapu secara rutin

Kayu memiliki sifat yang mudah menyerap air dan lembab, sehingga kotoran dan debu menjadi sulit dihilangkan, oleh sebab itu, Anda harus melakukan pembersihan secara rutin sehingga keawetan lantai kayu menjadi lebih terjamin.

  • Pilih cairan pembersih yang tepat

Di awal perawatan Anda bisa menggunakan sapu, namun jika menemukan noda yang membandel, Anda dapat menggunakan cairan pembersih seperti cairan pembersih kaca.

  • Rajin mengepel lantai

Mengepel lantai akan membersihkan 80% kotoran yang membandel dan bahkan sulit dihilangkan, namun saat mengepel lantai, Anda harus menggunakan sedikit air, agar lantai cepat kering.

 

Dengan berbagai macam tips di atas, semoga dapat membantu Anda melakukan pemilihan lantai kayu parket sekaligus melakukan perawatan dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *