Ingin Menjadi Youtuber? Yuk, Siapkan Studiomu Sendiri

Youtube kini menjadi situs berbagi video paling popular di dunia. Bahkan setelah merambah dunia digital, popularitas Youtube semakin bertambah. Siapa yang tidak mengenal Ria Ricis, Atta Halilintar, Suhay Salim, dan sederet Youtuber dari Indonesia lainnya? Siapa pula yang tidak  mengenal PewDiePie dan Jess No Limit? Mereka adalah orang-orang yang memiliki channel di Youtube hingga berjuta subscriber dari penjuru dunia.

Youtube resmi beroperasi di bawah naungan Google. Siapa saja dapat mengakses Youtube, bahkan tanpa memiliki akun sekalipun. Orang-orang yang tidak memiliki akun dapat menonton berjuta video yang diunggah dengan bebas, sementara jika memiliki akun maka dapat mengunggah video tanpa batas. Setelah beroperasi di bawah naungan Google, setiap orang yang memiliki akun Google otomatis akan memiliki akun Youtube tanpa harus membuatnya ulang. Inilah salah satu kemudahan yang diberikan Google bagi para konsumennya. Konten yang diunggah di Youtube biasanya bersifat individu, sehingga sebagai pemilik channel, Kamu bisa mengunggah konten apapun untuk dilihat oleh orang lain.

Semakin hari, banyak Youtuber mulai bermunculan dengan kontennya masing-masing. Hampir semua orang tahu, bahwa menjadi Youtuber dapat mendatangkan uang. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang harus disetujui. Kamu pun bisa menjadi Youtuber. Tidak seperti stasiun televisi yang memerlukan peralatan canggih, membuat studio untuk konten Youtube sangatlah mudah. Kamu pun dapat membuat studio sendiri di rumah dengan peralatan sederhana.

Tertarik untuk menjadi Youtuber milenial selanjutnya? Simak tips-tips berikut ini!

4 Hal yang Wajib Disiapkan untuk Membuat Studio

Meski menjadi Youtuber terkesan mudah, tetapi ada beberapa hal yang harus disiapkan. Apalagi kalau kamu ingin menjadi Youtuber profesional. Tentu tidak boleh asal-asalan mengunggah video. Dalam membuat video, Youtuber biasanya menggunakan ruangan yang dijadikan studio. Berikut ini adalah hal-hal yang wajib kamu siapkan jika ingin membuat studio Youtuber :

1. Ruangan Khusus Sebagai Studio

Membuat konten memang bisa di mana saja, namun alangkah baiknya kalau kamu mempunyai ruangan khusus yang dapat disulap menjadi studio. Besar kecilnya ruangan tergantung dengan konten dan kreativitas yang kamu miliki. Desain ruangan pun bisa diatur sesuka hati. Bahkan kamu bisa mengganti latar belakang atau tembok ruangan menggunakan wallpaper. Saat ini banyak tersedia pilihan dengan harga wallpaper dinding yang terjangkau. Dengan menggunakan wallpaper, kamu tidak perlu repot-repot mengecat ulang dinding ruangan untuk menyesuaikan kontenmu.

2. Alat Perekam

Alat perekam tidak hanya kamera. Perekam suara pun perlu kamu persiapkan untuk menghasilkan konten yang baik. Tidak perlu yang mahal, semuanya dapat dimulai dari budget yang seadanya. Gunakan kreativitasmu untuk memanfaatkan alat perekam yang kamu miliki. Bahkan kamu bisa menggunakan kamera ponsel untuk membuat konten. Apalagi saat ini banyak ponsel memiliki kamera bagus dengan harga yang terjangkau. Kombinasikan antara kreativitas, alat perekam, dan studio yang kamu miliki saat membuat konten video. Jika kamu merasa kualitas kameramu tidak terlalu baik, maka jangan menggunakan dinding dengan warna yang mencolok. Gantilah menggunakan wallpaper dengan warna yang lebih soft. Saat ini toko wallpaper dinding murah sangat mudah dijumpai, bahkan kamu bisa membelinya secara online.

3. Lighting

Hal yang satu ini sangat dibutuhkan apalagi jika ruanganmu cukup gelap. Lighting dapat berupa cahaya matahari atau cahaya lampu. Kamu bisa saja memanfaatkan cahaya matahari yang menembus jendela studio untuk dijadikan lighting. Tapi kamu tidak bisa terus-terusan menggunakan cahaya matahari, apalagi jika ingin membuat konten di malam hari. Oleh karena itu, lighting berupa lampu sangat dibutuhkan. Usahakan untuk menyiapkan lampu yang terang dan tidak menabrak warna tembok studio yang kamu miliki. Apalagi kalau kamu ingin membuat video tentang tutorial make up. Maka lighting berupa lampung sangat dibutuhkan.

Baca juga: Jenis Lantai Kayu Parket untuk Rumah Minimalis Makin Manis

4. Komputer atau Laptop, Beserta Software Editing

Kamu memang bisa mengunggah langsung videomu di Youtube tanpa melalui proses editing. Namun akan lebih menarik jika kamu mempercantik videomu dalam proses editing. Jika kamu Youtuber pemula, kamu tidak perlu menggunakan software editing yang terlalu rumit. Cukup gunakan yang sederhana. Seiring berjalannya waktu, kamu akan mendapatkan koneksi dengan orang lain untuk mempelajari kemampuan editing ke tahap selanjutnya.

Itulah 4 hal yang wajib kamu siapkan jika membuat studio khusus untuk konten Youtube. Tidak semuanya harus dimulai dengan yang mahal. Akan lebih baik kalau kamu mencoba menggunakan peralatan seadanya namun dapat menghasilkan konten yang menarik. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *